Jejaring Sosial

Camfrog adalah salah satu dari perangkat lunak pengirim pesan instant yang telah ada di dunia internet, dimana didalamnya kita bisa berinteraksi lewat text, video streaming, audio streaming dan voip.
Secara sederhana, kita dapat berpendapat klo camfrog sama halnya dengan YM dan program chatting lainnya. Tapi (menurut sumber yg sama) kelebihan camfrog adalah kemampuannya dalam menampung 1000 users/room. Namun, perbedaan yg lbh jelas adalah, tidak seperti halnya YM, jika kita ingin melihat kamera pengguna lain, kita tidak usah repot2 untuk meminta ijin dr pengguna tersebut (lgsung intip aja bro………!!!!!).
Terdapat beberapa versi yg terus selalu di update oleh engineer2 mrka. Mulai dari versi terlama (3.4) hingga versi paling anyar saat thread ini ditulis (5.3). Sedangkan menurut jenisnya, CF terbagi menjadi 2, yiatu CF 1 dan CF 2.

Google Buzz, yaitu jejaring sosial melalui gmail yang juga merupakan salah satu produk Google. Dengan Google buzz membuat pengguna gmail dan gchat mampu bersaing dengan pengguna facebook dan twiter. Seperti halnya situs jejaring sosial lain Google Buzz bisa berbagi pesan, link situs internet, dan foto, dengan teman dan kolega langsung dari akun Gmail. Google juga merilis beberapa produk yang dirancang agar tampilan situs sosialnya bisa diakses di perangkat mobile. Fitur baru dari Google tersebut tampak sama saja dengan Facebook dan muncul di saat demam jejaring sosial mulai mereda. Google Buzz merupakan terobosan kedua Google dalam situs jejaring sosial, sebelumnya Google juga pernah meluncurkan Orkut yang berhasil berkembang di Brazil. Sayangnya Orkut gagal menarik minat pengguna penutur Bahasa Inggris seperti Facebook dan Myspace di Amerika. Dengan Buzz, Google mengikuti jejak Yahoo yang juga membangun fungsi jejaring sosial ke dalam produk email mereka untuk bisa terhubung dengan Facebook.

Friendster adalah salah satu situs Social Network Service yang terpopuler di Asia. Social Network Service (Layanan Jaringan Sosial) ini merupakan pelayanan pembangunan data sosial bertumpu pada anggota yang mendefinisikannya secara terus menerus. Layanan semacam fs juga ada seperti MySpace, FaceBook, Orkut, LinkedIn, dll.. Layanan ini disediakan secara gratis dan tidak memungut biaya.Dulu friendster ini bernama “Napster” (sebuah situs web jaringan sosial dimana seorang pengguna akan membuat identitas maya). Situs ini dibuat sejak tahun 2002 oleh Jonathan Abrams. Sejak awal 2005, situs ini juga telah memulai dan menambahkan fitur-fiturnya. Secara umum FS berguna untuk berkomunikasi dengan teman di seluruh dunia melalui internet. Fs juga berguna untuk mencari teman lama maupun teman baru di dunia maya. Untuk kalangan remaja biasanya fs digunakan untuk mencari teman dan pacar baru. Tetapi hati2 lah jika kamu bermain fs karena semua data yang ada di sana belum tentu asli karena fs hanya dunia maya.

Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara [1] . Teknologi skype ditemukan oleh wirausahawan Niklas Zennström dan Janus Friis, orang yang sama yang menemukan Kazaa dan Joost (P2P untuk televisi). Skype lalu berkompetisi dengan protokol terbuka VoIP yang sudah ada seperti SIP, IAX, dan H.323. Grup Skype yang dibentuk pada bulan September 2003 lalu dibeli oleh perusahaan lelang internet raksasa di Amerika e-Bay pada bulan September 2005 dan bermarkas di Luxembourg, Jerman dengan kantor-kantor di London, Inggris, Praha, Rusia dan San Jose, California, A.S.

Tinggalkan komentar