Indonesia Bermain Ofensif

JAKARTA (Pos Kota) – Indonesia akan bermain ofensif saat menghadapi Timnas Filipina pada pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF 2010 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Kamis (16/12) malam.

Permainan ofensif atau menyerang penting bagi Indonesia untuk merebut poin walaupun laga tersebut dalam status partai tandang bagi Laskar Merah Putih. Sejatinya, laga pertama semifinal digelar di Filipina, namun karena ketidaktersediaan lapangan yang layak, dipindah ke Jakarta.

“Kita harus ofensif melawan Filipina karena kita bermain di depan fan sendiri,” kata pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl, usai memimpin latihan rutin di lapangan PSSI Senayan, Sabtu (11/12) petang. Dalam latihan itu, Riedl lebih banyak menekankan kekompakan tim, serta mematangkan umpan-umpan silang.

Umpan-umpan silang diyakini Riedl akan menjadi kunci sukses menghadapi Timnas Filipina yang memiliki pertahanan bagus. Dalam tiga laga terakhir mereka, tim asuhan Simon McMenemey ini hanya kebobolan satu gol dari Timnas Singapura yang mereka tahan 1-1.

Mengenai duo Younghusband, yakni James dan Pill Younghusband, Riedl mengatakan, “Filipina harus bersyukur karena mereka memiliki pemain bagus.” Namun, pelatih asal Austria itu tak gentar karena Indonesia juga memiliki pemain bagus.

Pemain Indonesia yang dimaksud Riedl adalah Oktavinus Maniani di sayap kiri, serta M. Ridwan di sayap kanan. kedua pemain ini memiliki kecepatan di atas rata-rata pemain Indonesia lainnya. Arif Suyono juga bisa menjawab permainan umpan-umpan panjang yang menjadi kesukaan pelatih Filipina, Simon McMenemey.

FIRMAN BISA 100%

Mengenai gelandang Timnas Indonesia Firman Utina yang sebelumnya cedera lutut kanan, dipastikan bisa tampil saat melawan Filipina. Hanya saja, timnas meragukan Zulkifli Syukur yang biasa beroperasi sebagai stoper akibat cedera lutut kiri yang dia dapat saat latihan, Sabtu sore.

Matias Ibo, fisioterapi Timnas Indonesia mememastikan kalau Firman tak diragukan bisa tampil di leg semifinal pertama. “Firman (Utina) memang masih cedera, latihan juga dia tidah sampai selesai. Tapi, secara keseluruhan dia bisa bermain pas saatnya nanti,” kata Ibo.(ian/B)

sumber ; http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2010/12/12/indonesia-bermain-ofensif

Tinggalkan komentar